Tips Bermain Game Dengan Lancar di PC/Laptop Low Spek

Tips Bermain Game Dengan Lancar di PC/Laptop Low Spek

Lionphysics4n - Tips Bermain Game Dengan Lancar di PC/Laptop Low Spek!Sebagai seorang yang hobi bermain game,saya pribadi sejauh ini hanya bisa bermain game di pc yang dapat dibilang memiliki spek rendah.Memang tidak semua game terbaru dapat dijalankan di pc saya,mengingat spek-nya yang pas-pasan.

Namun,berdasarkan ilmu dan pengalaman pribadi,saya bisa memaksimalkan kinerja pc saya sehingga dapat menjalankan beberapa game dengan lancar.

Baca Juga : Rekomendasi Game Terbaik Spesifikasi Rendah

Ngelag dan lemot saat bermain game memanglah menjadi satu masalah yang sering dialami gamers.Banyak penyebab yang mengakibatkan pc menjadi lemot.

Bagi teman-teman yang juga mengalami masalah seperti ini,teman-teman bisa mengikuti beberapa tips berikut supaya bisa bermain game secara lancar di pc/laptop low spek.Sebelum membahas topik utama,sebelumnya saya akan mengulas sedikit tentang penyebab yang mengakibatkan komputer menjadi lemot.

Sebagai barang elektronik,sebuah pc jika terus-menerus digunakan tentu secara beriringan kinerjanya juga akan mengalami penurunan.Ada banyak penyebab yang mengakibatkan sebuah kinerja pc dapat menurun diantaranya akan saya sebutkan dibawah ini.

Overheat

Tips Bermain Game Agar Lancar di PC/Laptop Low Spek
Overheat

Overheat merupakan keadaan dimana sebuah pc/laptop berada pada suhu yang tidak wajar.Biasanya jika pc mengalami ovearheat,pc tersebut akan mengalami penurunan performa secara signifikan.

Hal ini disebabkan karena hardware bekerja terlalu keras atau terlalu lama sehingga menimbulkan suhu yang berlebihan.Jika keadaannya dibiarkan maka bukan tidak mungkin pc Anda bisa terbakar bahkan meledak.

Ovearheat biasanya juga disebabkan karena heatsink/kipas pada cpu tidak terpasang dengan benar.Biasanya posisinya miring atau tidak terkunci dengan benar.Oleh karena itu,teman-teman harus selalu mengecek posisi heatsink pada cpu Anda.

Perlu diketahui,suhu ideal cpu dalam keadaan normal pada Pc/laptop itu sendiri sebenarnya tidak boleh lebih dari 45°C sedangkan jika dalam keadaan multitasking biasanya menyentuh 50-60°C.

Jika suhunya melebih dari angka itu maka Anda perlu berhati-hati.

Untuk cara mengecek suhu cpu,cara paling gampang adalah dengan masuk ke menu BIOS.Disana akan tercatat suhu cpu secara real time.Ada juga software yang dapat digunakan untuk mengecek suhu cpu,seperti HWMonitor,Open Hardware Monitor,dll.

Adapun dampak,penyebab,dan cara mengatasi overheat pada pc.

VIRUS

Virus memang menjadi musuh utama yang harus dibasmi.Sebagai pengguna pc yang bijak sudah seharusnya teman-teman bisa menjaga pc dari virus.

Ada banyak sekali aplikasi antivirus yang tersedia.Aplikasi antivirus ini berguna untuk membentengi pc dari serangan virus.Sebenarnya secara default pc kita sudah dibentengi oleh windows defender,namun itu saja tidak cukup karena tingkat keamanan windows dikenal kurang.

Untuk mengantisipasi virus masuk ke pc/laptop,teman-teman bisa secara rajin men-scan pc dengan bantuan aplikasi antivirus tadi.

RUANG KOSONG PENYIMPANAN MENIPIS

Faktor penting ini sering dilupakan oleh pengguna pc.Ada baiknya teman-teman bisa memanajemen ruang didalam penyimpanan/harddisk.

Hal ini menjadi penting karena jika teman-teman bisa mengelola ruang dengan baik maka kinerja harddsik bisa berjalan lebih maksimal dan sebaliknya jika ruang penyimpanan tidak dikelola dengan baik maka kinerja-nya bisa menurun.

Alangkah baiknya ruang kosong pada harddisk tidak kurang 20%dari total kapasitas harddsik.Teman-teman bisa mengecek persentasenya dengan masuk ke "Computer Management".Cara masuknya dengan buka cmd kemudian ketikkan perintah "compmgmt.msc".
Tips Bermain Game Agar Lancar di PC/Laptop Low Spek
Computer Management
Setidaknya ketiga penyebab tersebut yang mengakibatkan komputer menjadi lemot.Sebenarnya masih ada penyebab lainnya.Namun karena pembahasan kali ini adalah tips bermain game dengan lancar di pc low spek maka saya hanya membahas sedikit saja.

Kenapa saya membahas hal tersebut?

Jadi penyebab tersebut merupakan masalah yang sering dialami pengguna pc.Penyebab tersebut sebenarnya juga merupakan satu paket tips bermain game secara lancar di pc/laptop low spek.

Dengan kata lain penyebab tersebut bisa jadi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pc teman-teman mengalami nge-lag saat bermain game.

Paham Bukan?Baiklah,sekarang saya akan langsung masuk ke pembahasan utama kita.

Tips Bermain Game Dengan Lancar di PC/Laptop Low Spek

Gunakan Aplikasi Game Booster

Tips pertama yang teman-teman bisa lakukan adalah menginstal aplikasi game booster.Apa itu?

Game Booster merupakan aplikasi yang berguna untuk meningkatan kinerja dan performa pc ketika sedang menjalankan game.Aplikasi ini akan memberikan kenyamanan terhadap pengguna terutama para gamers.

Cara kerja aplikasi ini secara singkat adalah dengan menghentikan aplikasi lain yang tidak berguna sehingga kerja processor dan ram akan berkurang.Sehingga game yang dijalankan akan mendapat proses data yang lebih cepat.

Adapun aplikasi game booster terbaik yang dapat teman-teman coba.Diantaranya ada Wise Game Booster,IObit Game Booster,Game Fire,dll.

Overclocking

Overclocking adalah tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan clock rate pada komponen hardware.Hal ini bertujuan untuk memperoleh kinerja dan kecepatan komponen yang lebih cepat dari aslinya.Biasanya dalam kebutuhan main game cpu dan gpu adalah komponen yang sering di overclock.

Dalam penerapannya overlocking sendiri sebenarnya gampang-gampang susah.Tidak semua orang bisa dan tergantung motherboard yang digunakan.Setidaknya pengguna harus memiliki ilmu dasar tentang cpu dan motherboard.

Namun,bagi pengguna awam yang ingin mencoba overclocking teman-teman juga bisa mencari tutorial overclock di mesin pencari.Tapi teman-teman perlu memperhatikan keselamatannya.Saran saya carilah tutorial overclocking di website besar dan terpercaya.

Baca Juga : Laptop Gaming GX800 Terbaik Untuk Oveclocking

Atau jangan memaksakan untuk overclocking jika teman-teman tidak paham betul dengan tutorial yang disampaikan.

Tindakan overclocking ini dapat menimbulkan panas yang berlebih pada komponen atau overheat seperti yang saya jelaskan sebelumnya.Untuk mengatasi overheat tersebut pc teman-teman yang ingin di overclock harus memiliki sistem pendingin yang bagus.

Lalu apakah overclocking efektif dilakukan di pc/laptop low spek?

Tentu saja efektif karena kerja cpu akan lebih baik sehingga kinerja pc dalam memproses program juga akan cepat sehingga game yang dijalankan bisa lancar.

Menambah Virtual Memory

Mungkin teman-teman sudah akrab dengan memori RAM.Tapi apakah teman-teman sudah pernah mendengar virtual memory?Virtual memory adalah memori yang diambil dari harddsik yang digunakan untuk membantu kerja ram.Ketika data yang disimpan pada ram melebihi kapasitas maka data tersebut akan dialokasikan ke virtual memori.

Secara default virtual memory memiliki kapasitas sama dengan kapasitas ram yang digunakan.Tapi jika merasa virtual memori Anda terlalu kecil,teman-teman bisa menambah virtual memori.

Cara menambah virtual memori sendiri sudah pernah saya tulis di artikel tips membuat kinerja pc lebih cepat.Dengan menambah virtual memori diharapkan kerja ram akan sedikit terbantu sehingga datanya akan disimpan dengan lebih cepat.

Rajin Update Driver

Driver sendiri memiliki peranan sangat penting.Driver berfungsi untuk menghubungkan/mengomunikasikan antara hardware dengan sistem operasi.

Seiring berjalannya waktu driver yang Anda gunakan akan usang.Jika hal ini dibiarkan maka akan berdampak pada menurunnya kinerja pc.Oleh karena itu,untuk mengatasi hal tersebut teman-teman perlu rajin update driver.

Dengan sering rajin update driver maka kinerja pc Anda akan tetap terjaga,sehingga dalam bermain game nantinya juga akan enak dan lancar atau tidak ngelag.Untuk melakukan update driver teman-teman bisa melakukannya dengan mendownload langsung dari website bersangkutan.

Atau teman-teman juga bisa menggunakan aplikasi IObit Driver Booster.Aplikasi ini sangat recomended banget buat kalian yang tidak ingin ribet karena aplikasi IObit Driver Booster ini hanya perlu satu klik scan kemudian aplikasi akan mencari driver usang yang perlu untuk di update.

Kesimpulan

Dari keempat tips diatas semuanya sudah saya terapkan dan hasilnya cukup efektif.Memang kadang masih terjadi ngelag tapi tidak terlalu parah.Ketika dicoba untuk memainkan game sekelas Hitman 5 dan Pes 2016,laptop saya masih mendapatkan angka fps sebesar 30 - 40 fps dengan settingan medium.

Demikian tips bermain game dengan lancar di pc/laptop low spek yang dapat saya berikan.Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Tips diatas silahkan terapkan di pc/laptop Anda,jika sekiranya ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar.Jangan lupa untuk share artikel ini dan berlangganan untuk mendapatkan update artikel terbaru dari saya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai jumpa dipertemuan selanjutnya...:)

Artikel Terkait

Tips Bermain Game Dengan Lancar di PC/Laptop Low Spek
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

6/23/2017 delete

Thanks gan, membantu banget buat saya yang low spek gamer hehe :)

Reply
avatar

MOHON PERHATIKAN HAL-HAL DIBAWAH INI:
-Boleh Berkomentar Asal Santun!
-Jangan Berkomentar Dengan Kata-kata yang Tidak Sopan!
-Dilarang SPAM!
-Berkomentar Sesuai Dengan Topik!