TIPS MEMBUAT KINERJA PC LEBIH CEPAT

MEMBUAT KINERJA PC LEBIH CEPAT 

MEMBUAT KINERJA PC LEBIH CEPAT
Mempercepat PC
Lionphyics4n - TIPS MEMBUAT KINERJA PC BEKERJA LEBIH CEPAT!Pernakah Anda merasa program/aplikasi yang Anda jalankan di PC terasa berat/lambat?Sebenarnya ada banyak penyebab yang membuat masalah ini dapat terjadi,salah satunya adalah karena tidak seimbangnya antara spek PC dengan jumlah dan besarnya program yang dijalankan.

Secara umum pengguna mengasumsikan komputer dapat menjalankan banyak program/aplikasi dengan cepat,tanpa pengguna tersebut mengetahui bagaimana sebenarnya tahapan komputer bekerja.


Jika kita gali lebih dalam,maka kita akan menemui kata spesifikasi atau bisa disingkat spek,kata ini mungkin tidak asing bagi Anda.Mungkin yang paling akrab ditelinga Anda adalah spesifikasi smartphone dan semacamnya.

Secara garis besar kata spesifikasi menunjukkan keterangan pada hardware/perangkat keras yang terpasang pada suatu barang elektronik.Spesifikasi juga bisa menjadi acuan seberapa cepat kinerja dari suatu PC.

Semakin tinggi spesifikasi maka semakin baik pula kinerja/performa yang akan didapatkan dan juga sebaliknya.Pada artikel ini pada intinya saya akan membagikan tips membuat kinerja pc bekerja lebih cepat.Berikut beberapa tipsnya: 

MERUBAH SETTING PERFORMANCE

Langkah paling sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan merubah pengaturan performance.Cara ini bisa dibilang cukup efektif karena dengan mengganti pengaturan tersebut windows akan mengurangi tampilan animasi sehingga tugas processor tidak terlalu menumpuk dan diharapkan windows bisa berjalan lebih baik.
  1. Masuk ke control panel,cara masuk ke control panel sebenarnya berbeda tergantung versi windows yang digunakan.Namun ada satu cara yang bisa digunakan disemua versi windows.Caranya dengan  tekan tombol Windows + R kemudian ketik "control panel".
  2. Setelah masuk di control panel sekarang klik "Performance and Maintenance".Selanjutnya pilih "system".
  3. System Properties
    System Properties
  4. Jika berhasil akan muncul tab baru.Kurang lebih seperti pada gambar diatas.
  5. Langkah selanjutnya,silahkan teman-teman pilih menu Advanced.
  6. Maka akan muncul 3 pilihan yaitu "Performance , User Profiles , Startup and Recovery".
  7. Adjust for Best Performance
    Adjust for Best Performance
  8. Silahkan klik setting pada pilihan "Performance".Kemudian muncul tab baru dan pada bagian ini silahkan Anda ganti pengaturan "Costum" menjadi "Adjust for Best Performance",langkah akhir klik apply dan ok maka tampilan windows menjadi lebih sederhana tapi keuntungannya kinerjanya lebih baik.

MENAMBAH VIRTUAL MEMORI         

Teknik ini cara kerjanya adalah dengan membuat sebuah memori yang dibuat oleh pengguna dalam bentuk virtual kemudian seolah-olah tugasnya dalam bentuk fisik.

Cara membuat virtual memori bisa dengan harddisk maupun flaskdisk.Kapasitas atau jumlah memori virtual bisa diatur oleh pengguna,asalkan kapasitasnya tidak melampaui batas ruang kosong dari memori fisik(harddisk/flaskdisk).
Cara membuat virtual memori dengan harddisk:
  1. Langkah awal yang dilakukan untuk membuat virtual memori hampir sama dengan sebelumnya.Jika Anda sudah mempraktekkan langkah pertama pasti Anda paham.Yaitu kita perlu masuk ke "Control Panel > Performance and Maintenance > System > Advanced > sampai di Setting Performane".Di sini langkahnya berbeda.
  2. Performance Option Advanced
    Klik Change
  3. Masuk ke menu Advanced,perhatikan dibagian paling bawah tepatnya di virtual memori,silahkan teman-teman klik change.
  4.  Kita sudah sampai pada tahap pembuatan memori virtual.Sebelumnya untuk Anda pengguna Windows 7,8,dan 10.Silahkan sebelumnnya hilangkan tanda centang "automatically manage paging file size for all drivers".
  5. Kemudian ganti menjadi "Costum Size".
  6. Pilih partisi harddisk yang ingin digunakkan/diambil ruang kosongnya.Pastikan Anda tidak memilih partisi harddisk "system",atau umumnya yang terdapat huruf "C:".
  7. Add caption
  8. Masukkan besarnya kapasitas memori virtual yang ingin Anda gunakan.Jangan lupa untuk klik "set".Disini juga perlu diperhatikan antara "Intial Size dan "Maximum Size",pastikan keduanya sama besar.
  9. Setelah beres,klik ok kemudian restart komputer.
 Cara membuat virtual memori dengan harddisk:
  1. Masukkan flaskdisk.
  2. Jika sudah masuk ke File Explorer.
  3. Klik kanan pada partisi flaskdisk kemudian pilih properties.
  4. Pilih "Ready Boost".
  5. Silahkan atur berapa besar kapasitas memori virtual yang ingin Anda buat.
  6. Jika sudah selesai klik ok.

RAJIN UPDATE DRIVER DAN MEMBERSIHKAN HARDWARE

Bagi sebagian pengguna PC update driver mungkin merupakan suatu pekerjaan yang sukar untuk dilakukan.Namun update driver sesungguhnya cukup penting dilakukan supaya PC kita tetap dalam kondisi yang stabil.Terutama bagi Anda yang senang bermain game,saya sarankan sering-lah update driver Anda.

Hal ini mengingat fungsi driver yang sangat penting yaitu untuk menghubungkan hardware dengan sistem operasi.Jika driver yang terinstal di PC atau Laptop kita tidak diganti maka kinerjanya lama-kelamaan dapat menurun dan dikatakan ketinggalan zaman.

Untuk update driver saya punya rekomendasi software yang cukup bagus yaitu IObit Driver Booster,Anda bisa mendapatkannya disini.

Selain update driver,hal yang teman-teman perlu perhatikan adalah kebersihan hardware yang terpasang pada PC.Debu yang tersumbat sangatlah berpengaruh karena dapat menyebabkan suhu yang lembab dan efeknya kinerja PC akan menjadi lambat.

Biasanya kotoran yang paling banyak terdapat di heatsink dan fan cpu.Membersihkan hardware tidak sembarangan,jika Anda tidak paham betul sebaiknya Anda datang ke service komputer dan minta untuk dibersihkan.

Demikian tips membuat kinerja PC menjadi lebih cepat.Tips tersebut hanyalah sebuah pernyataan saya sesuai dengan pengalaman dan ilmu yang pernah saya dapatkan.Terima kasih sudah membaca tulisan ini dan jangan lupa untuk berlangganan supaya bisa mendapatkan ilmu yang lain.

Artikel Terkait

TIPS MEMBUAT KINERJA PC LEBIH CEPAT
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

8 komentar

2/27/2017 delete

Windows 10 saya lola gara2 fitur Cortana :(

Reply
avatar
2/28/2017 delete

tentu sangat bermanfaat dan dicari banyak para pengguna PC yang kebetulan sudah dan sedang melambat nih...laptop saya nggabisa kilk kanan, udah nanya ke google..masih belum bisa juga nih

Reply
avatar
3/04/2017 delete

Kumungkinan mousenya rusak atau drivernya belum diinstal.

Reply
avatar
4/11/2017 delete

Tips sederhana, tapi kaya akan manfaat...

salam kenal dari saya, blogger dari pulau seribu

Reply
avatar
4/12/2017 delete

Laptop saya juga akhir akhir ini lambat banget mas... Lebih parahnya lagi kadang tidak mau respon saat buka file, jadi pake trik diatas ya supaya kenerja perangkat lebih maksimal

Reply
avatar
6/18/2017 delete

Hai mas wahab,senang bisa berkenalan :):):)

Reply
avatar
6/18/2017 delete

Hapus aja kalau bisa kang.

Reply
avatar

MOHON PERHATIKAN HAL-HAL DIBAWAH INI:
-Boleh Berkomentar Asal Santun!
-Jangan Berkomentar Dengan Kata-kata yang Tidak Sopan!
-Dilarang SPAM!
-Berkomentar Sesuai Dengan Topik!