10 Menit Mahir Konfigurasi Router Mikrotik

10 Menit Mahir Konfigurasi Router Mikrotik

Konfigurasi Router Mikrotik
Konfigurasi Router Mikrotik
Lionphysics4n - Konfigurasi Dasar Router Mikrotik!Router adalah perangkat keras yang memiliki peranan penting di dalam suatu jaringan.Router memiliki fungsi sebagai gerbang keluar masuk paket data.Router juga bertanggung jawab mengatur lalu lintas pada suatu jaringan.Supaya fungsinya dapat diterapkan router harus dikonfigurasi terlebih dahulu.Oleh karena itu,pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial konfigurasi dasar router mikrotik.

Baca : Apa itu router? | Pengertian Tugas dan Fungsi

Ingat ini hanya konfigurasi dasar artinya tutorial ini hanya akan membahas cara mengakses/remote router,cara memberikan alamat ip pada interface router,sampai router terkoneksi dengan internet dan client dibawahnya juga bisa terkoneksi internet,untuk konfigurasi lainnya akan segera hadir di artikel selanjutnya.Sebelum masuk ke topik utama ijinkan saya untuk mengulas sedikit tentang router mikrotik.

Mikrotik adalah perusahaan yang bergerak di bidang jaringan.Mikrotik mengeluarkan sejumlah produk seperti access point dan router.Mikrotik router sendiri memiliki banyak versi atau varian.Pada dasarnya konfigurasi router mikrotik itu sama,versi mikrotik hanya membedakan spesifikasi dan fitur-nya saja.Semakin baru variannya tentu semakin bagus pula kualitas router tersebut.

Kebetulan penulis sudah punya satu buah router yakni versi RB941-2nD.Router ini termasuk varian yang sangat terjangkau harganya cuma 300 ribu,tapi sudah dilengkapi dengan interface wifi.Jadi varian sudah cukup lengkap,selain itu router yang saya punya ini memiliki RouterOS level 4.Apabila Anda tertarik membeli router RB941-2nD bisa klik gambar di bawah ini.



Rencananya saya juga akan membuat artikel review tentang router ini,jadi tunggu saja.Baiklah mungkin sudah cukup untuk pembukaannya,sekarang mari langsung menuju tutorial konfigurasi dasar router mikrotik.

Remote Router Dengan Winbox

Nah untuk me-konfirugasi router mikrotik kita perlu sebuah aplikasi bernama winbox.Anda dapat me-download aplikasi-nya disini,saran saya gunakan winbox versi terbaru.Selanjutnya hidupkan router dan apabila router Anda sudah disambungkan dengan pc maka winbox akan mendeteksi router Anda,lihat gambar dibawah.



konfigurasi router mikrotik
Winbox
Sebelum router dikonfigurasi,pc hanya bisa meakses router lewat MAC Address jadi pastikan pada bar "Connect To:" berisi MAC Address router yang akan diremote.Kemudian klik connect maka winbox akan menampilkan tab baru.

Reset Default Configuration

Router secara default/bawaan sudah memiliki konfigurasi,pada saat router pertama kali diakses akan muncul tab atau menu yang berisi pemberitahuan tentang konfigurasi default tersebut.Anda akan diberikan pilihan untuk tetap menggunakan default konfigurasi tersebut atau menghapusnya.Nah,disini rekomendasi dari pakar mikrotik adalah untuk me-reset konfigurasi default tersebut,kenapa?Karena hal ini akan memudahkan saat konfigurasi kedepannya sehingga tidak ada konfigurasi yang tumpang tindih.

Membuat User Baru

Saat pertama kali Anda membeli router,didalamnya sudah tersedia user bawaan dengan username "Admin" dan tanpa password .User tersebut dapat Anda pakai untuk remote router,Agar router Anda lebih aman lebih baik router dibuat user baru.Caranya sebagai berikut.
  1. Masuk ke menu system > users
    membuat user baru
    System > Users
  2. Pada bagian tab menu users ditampilkan daftar user yang tersedia.
  3. Buat user baru dengan klik tombol "+" kemudian isi username dan password serta pilih group untuk user tersebut.
    membuat user baru
    Membuat user baru
  4. Pada bagian group terdapat 3 pilihan yaitu full,read,dan write.
    1. User dengan group full memiliki hak akses penuh,user tersebut dapat mengkonfigurasi apapun di router.
    2. User dengan group write dapat mengkonfigurasi router tetapi hanya sebagian tidak sebanyak group full. 
    3. User dengan group read hanya dapat melihat konfigurasi router.
  5. Sementara untuk user default disarankan untuk me-disable user tersebut.Caranya klik list user admin kemudian klik tombol "disable".
    disable user default
    Disable user default

Memberi Nama Router

Salah satu konfigurasi dasar yang sering dilupakan adalah memberi nama router yang kita punya.Hal ini cukup penting karena router yang kita punya harus punya identitas,sehingga akan mudah dikenali dan meminimalkan kemungkinan kesalahan saat akan meremote router.Langkahnya sebagai berikut.
  1. Masuk ke menu system > identity
  2. Tinggal ganti nama routernya.
    konfigurasi router mikrotik
    Nama Router

Konfigurasi IP Address Pada Interfaces

Selanjutnya kita akan memberikan interface router dengan ip address,pada router RB941 sudah dilengkapi dengan 4 interface ethernet dan 1 interface wifi.Pada tutorial ini saya akan memasukan ip address pada interface ether 1,ether 3,dan Wlan.Topologinya sebagai berikut.

Konfigurasi router mikrotik
Topologi
Interface ether 1 terhubung ke internet sehingga untuk interface ether 1 akan menggunakan DHCP Client sehingga ip yang digunakan adalah dinamik yang didapatkan dari provider.Alamat ip yang akan digunakan adalah 200.200.13.1/27 untuk ether 3 dan 200.200.14.1/27 untuk Wlan.Sebenarnya interface ether 3 dan Wlan bisa disatukan dengan mode Bridge,untuk tutorialnya akan saya buatkan sendiri di artikel selanjutnya.
  1. Masuk ke menu ip kemudian pilih addresses.
    memasukan ip address
    Addresses
  2. Untuk konfigurasi ip address,pada bagian addresses klik tombol "+" atau add.
  3. Setelah itu pada tab new address masukan data atau ip address yang sudah disiapkan.
    1. Pada bagian kolom Address saya memasukan ip address 200.200.13.1/27,silahkan Anda sesuaikan dengan jaringan Anda.
    2. Pada bagian interface pilih interface yang digunakan misalnya ether 3.
      konfigurasi ip address router mikrotik
      Konfigurasi ip address
  4.  Untuk network akan otomatis terisi,jika sudah terasa benar klik apply dan ok.
Ulangi lagi langkahnya,sekarang saatnya memberikan ip address pada interface wlan.Jadi langkahnya sama seperti sebelumnya hanya beda input data-nya saja.
konfigurasi ip address router mikrotik
Jadi pada langkah konfigurasi ini intinya Anda memberikan ip address pada setiap interface yang digunakan.Apabila Anda menggunakan semua interface pada router silahkan konfigurasikan semua ip address pada semua interface.

Pada tutorial ini saya menggunakan interface ether 1,ether 3 dan wlan.Untuk interface ether 3 dan wlan sudah dikonfigurasi sekarang tinggal interface ether 1 yang belum punya ip.Nah,pada tutorial ini seperti yang sudah disampaikan saya akan menggunakan dhcp client sehingga ip-nya didapatkan dari provider.Langkahnya sebagai berikut.
  1.  Masuk ke menu ip > DHCP Client
    konfigurasi ip address
    Konfigurasi DHCP Client
  2. Untuk menambahkan klik tombol "+",pada bagian new dhcp client pilih interface yang digunakan untuk gateway atau antarmuka menuju internet,contoh disini saya menggunakan interface ether 1.
    konfigurasi ip address router mikrotik
    DHCP Client
  3. Jika sudah klik tombol apply kemudian ok,lihat status apabila sudah bound maka konfigurasi sudah berhasil.
  4. Anda juga bisa melihat informasi ip address yang didapatkan dari provider.
    konfigurasi ip address router mikrotik
    Status DHCP Client
Sampai langkah ini router Anda sudah bisa terkoneksi ke internet.Kita bisa cek lewat terminal dengan ping ke 8.8.8.8 atau domain lionphysics4n.blogspot.com
konfigurasi ip address router mikrotik
Cek PING

Setelah tahap konfigurasi ip address selesai Anda dapat mengakses router Anda dengan alamat Ip Address yang sebelumnya hanya dapat memakai MAC Address.Pastikan alamat ip pada pc Anda dikonfigurasi manual/obtain.Langkahnya,masuk ke control panel > network and internet > network and sharing center,kemudian klik adapter ethernet.
konfigurasi router mikrotik
Control Panel
Setelah itu akan terbuka tab status,selanjutnya klik properties > pilih internet protocol version 4 > klik properties.
konfigurasi router mikrotik
Konfigurasi ip address manual
Masukan informasi alamat ip address sesuai range ip address yang sudah dikonfigurasi,contohnya saya akan menggunakan alamat ip 200.200.13.3 untuk dipakai pc saya.
konfigruasi router mikrotik
Masukan ip address
Catatan : Untuk interface wlan perlu ditambahkan konfigurasi dhcp server supaya client tidak perlu mengisi/konfigurasi ip secara manual.Tutorial konfigurasi dhcp server saya buatkan di artikel berbeda.

Tambahkan Firewall NAT

Agar client dapat mengakses internet kita perlu melakukan satu konfigurasi lagi yaitu menambahkan firewall NAT,letaknya ada di menu IP > Firewall > NAT.
Firewall NAT
Tambahkan dengan klik tombol "+",selanjutnya pertama kita buat konfigurasi pada bagian general isi konfigurasi seperti gambar dibawah ini.
Out Interface
Geser ke bagian action,selanjutnya pilih action masquerade.Action ini akan memperbolehkan ip private atau konfigurasi ip yang kita konfigurasikan tadi diizinkan untuk mengakses internet.Sehingga client yang terkoneksi dapat juga mengakses internet.
konfigurasi router mikrotik
Action Masquerade
Tinggal klik apply dan ok,maka konfigurasi tadi sudah berhasil dibuat dan sekarang client dapat terkoneksi ke internet.Sampai disini saya rasa sudah cukup untuk konfigurasi dasar router mikrotik.Ingat ini baru dasarnya saja masih banyak konfigurasi lainnya.Saya harap Anda paham dengan cara saya menjelaskan.Tunggu tutorial konfigurasi lainnya dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Artikel Terkait

10 Menit Mahir Konfigurasi Router Mikrotik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

8/24/2018 delete

TERIMAKASIH ATAS INFORMASINYA GAN!!!
SAYA JADI SEMANGAT UNTUK MELANJUTKAN KEHIDUPAN INI!!!

Reply
avatar

MOHON PERHATIKAN HAL-HAL DIBAWAH INI:
-Boleh Berkomentar Asal Santun!
-Jangan Berkomentar Dengan Kata-kata yang Tidak Sopan!
-Dilarang SPAM!
-Berkomentar Sesuai Dengan Topik!