Tips Pintar Memilih Laptop Gaming Berkualitas

Cara Memilih Laptop Gaming Yang Bagus Untuk Bermain Game

Tips Pintar Memilih Laptop Gaming Berkualitas
Laptop Asus ROG GL553VD
Lionphysics4n - Cara Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Bermain Game!Laptop gaming adalah laptop yang dikembangkan oleh brand ternama (seperti Republic of Gamers (ROG)dari Asus)yang didesain untuk memainkan game berat dan memiliki spesifikasi tinggi. 

Artikel ini khusus dibuat untuk teman-teman yang sedang bingung mencari laptop gaming.

Seperti yang kita ketahui laptop gaming saat ini sangat banyak jumlahnya dengan varian yang berbeda-beda.Spesifikasi dan harga yang ditawarkan disetiap produk juga sudah pasti berbeda,ada yang lebih murah atau mahal.

Beli laptop ASUS ROG GL553VD harga murah dengan kualitas mantap.

Selain itu,satu laptop dengan laptop yang lain juga akan memiliki kualitas performa berbeda sesuai spesifikasi yang dimilikinya.Oleh sebab itu,untuk memilih laptop yang berkualitas teman-teman tidak boleh sembarangan.

Teman-teman harus jeli dan mempertimbangkan beberapa aspek penting.Harga laptop tidak dapat menjamin kualitas laptop tersebut.

Saya hanya menjamin beberapa sekian persen saja harga laptop mahal menandakan laptop tersebut berkualitas.Tidak berarti pula laptop murah menandakan performa dan kualitas laptop tersebut buruk.

Mungkin anggapan mahal dan murahnya harga buat orang berbeda-beda.Misalnya ada yang menganggap harga 5 juta itu murah dan ada juga yang menganggap mahal.

Hal ini sesuai sudut pandang masing-masing,tapi satu hal yang pasti adalah harga laptop gaming sekarang ini berkisar antara 5-20 juta keatas.Silahkan teman-teman nilai sendiri.

Membeli laptop gaming dengan pc gaming ditoko agak sedikit berbeda.Jika kita membeli pc gaming teman-teman bisa merakit atau memilih sendiri komponen yang akan kita gunakan,tentunya nanti akan dibantu dengan rekomendasi dan saran dari pihak toko supaya komponen tersebut sesuai.

Adapun pihak toko ada yang sudah menyiapkan pc gaming dengan spesifikasi tertentu dan pembeli tinggal memilih sesuai kebutuhan.

Sedangkan jika teman-teman membeli laptop gaming,kita tidak dapat memilih komponen tersebut.Semuanya sudah terpasang dan tidak dapat diganti.Adapun mungkin hanya ram saja,biasanya pihak toko akan menanyakan apakah akan sekalian upgrade ram atau tidak.

Laptop gaming dengan laptop biasa memang agak berbeda.Laptop gaming didesain dengan berbagai fitur khusus supaya bisa menjalankan berbagai game dengan lancar.

Biasanya laptop gaming memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibanding laptop biasa dan harganya pun juga jauh lebih tinggi.

Pada artikel kali ini,saya sebenarnya hanya ingin berbagi beberapa tips pintar memilih laptop gaming berkualitas.Tips berikut juga bisa menjadi gambaran buat teman-teman yang kebelet beli laptop gaming tapi dengan budget yang pas-pasan.

Tips Pintar Memilih Laptop Gaming Berkualitas

Pilih Laptop yang Memiliki Processor Berkualitas

Tips Pintar Memilih Laptop Gaming Berkualitas
Processor
Jika teman-teman ingin mempunyai laptop yang bagus atau berkualitas syarat utama yang harus dipenuhi adalah laptop tersebut juga harus memiliki processor berkualitas.Processor atau CPU (Central Processor Unit) adalah komponen paling penting atau biasanya disebut sebagai otaknya komputer.

Processor menjadi sangat penting karena komponen ini berfungsi untuk mengolah data dari program yang kita jalankan.Semakin berkualitas processornya maka semakin bagus pula kualitas laptop tersebut.Lantas processor seperti apa yang dikatakan berkualitas?
  1. Processor berkualitas memilki kecepatan transfer data yang cepat/tinggi.Kecepatan transfer data processor dinyatakan dalam satuan GHz.Processor yang berkualitas adalah processor yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi yakni lebih dari 3 GHz.
  2. Memilki jumlah inti core yang banyak.Setiap processor memiliki jumlah inti core yang berbeda,biasanya dikenal dengan single core(1 inti core),dual core(2 inti core),quad core(4 inti core),hexa core(6 inti core),octa core(8 inti core),dan deca core(10 inti core).Semakin banyak jumlah inti core menandakan processor tersebut semakin bagus.Teman-teman harus paham perbedaan processor dengan setiap jumlah inti core tersebut.
  3. Processor harus memiliki kemampuan overclock yang bagus.Overclock adalah usaha meningkatkan kecepatan komponen dari kemampuan aslinya sehingga dapat memperoleh performa yang lebih baik.Tidak semua processor bagus untuk dioverclock,jadi teman-teman harus pintar dalam memilih.
Salah satu laptop yang memiliki kemampuan overclock terbaik saat ini adalah laptop Asus ROG GX 800 yang pernah saya review sebelumnya. 

Selain ketiga faktor diatas teman-teman juga perlu memperhatikan besarnya transistor yang digunakan pada processor.Besarnya transistor processor biasanya dinyatakan dalam nanometer.
Semakin kecil nanometer atau transistornya maka processor tersebut juga semakin baik karena processor memiliki konsumsi daya yang sedikit.
Misalnya ada processor dengan 28 nm(nanometer) dan processor dengan 14 nm(nanometer).Dari kedua processor tersebut yang memiliki konsumsi daya lebih ringan adalah processor dengan 14 nm yaitu setengahnya dari processor 28 nm.

Salah satu keuntungan lain menggunakan processor yang memiliki ukuran transistor kecil adalah suhu yang ditimbulkan tidak akan terlalu panas,sehingga bermain game akan lebih aman dan tidak cepat menimbulkan nge-lag.

Memiliki Sistem Pendingin Yang Baik

Tips Pintar Memilih Laptop Gaming Berkualitas
Sistem Pendingin
Selanjutnya teman-teman juga harus memperhatikan apakah laptop tersebut memiliki sistem pendingin yang bagus.Sebelumnya saya sudah mengatakan bahwa laptop gaming didesain dengan fitur khusus sehingga dapat menjalankan game berat.

Salah satu fitur yang wajib didapatkan di laptop gaming salah satunya ini,yaitu memilki sistem pendingin yang baik.Laptop yang tidak memiliki sistem pendingin yang baik dikhawatirkan dapat menyebabkan overheat.Overheat merupakan panas yang timbul dari komponen akibat penggunaan yang berlebih.

Untuk Penggunaan laptop biasa mungkin hal ini tidak terlalu penting karena pemakaiannya tidak terlalu berat.Tapi untuk laptop gaming karena digunakan bermain game tentu akan memaksakan komponen bekerja lebih berat.Hal ini tentunya akan membuat komponen menimbulkan panas.

Oleh sebab itu,untuk mengatasi masalah tersebut laptop gaming perlu pendingin yang baik.Teman-teman harus pintar memilih produk yang menawarkan sistem pendingin yang baik.Selain itu,dengan memiliki sistem pendingin yang baik tentu akan membuat laptop memiliki umur yang lebih panjang karena suhu komponen akan lebih terjaga.

Dengan terjaganya suhu komponen diharapkan performa bermain game akan lebih stabil dan lancar dan membuat pengguna memiliki pengalaman bermain game yang lebih baik.
Cooling Dock
Agar pendinginan lebih baik teman-teman juga bisa membeli cooling pad(kipas eksternal),selain harganya yang murah cara ini juga cukup efektif untuk menurunkan suhu laptop terutama pada bagian harddisk dan processor.

Pilih Laptop Dengan Kapasitas Penyimpanan Besar

Satu hal ini perlu sobat perhatikan mengingat keperluan pengguna untuk memainkan game artinya kita butuh ruang kosong besar untuk menyimpan banyak game.Terlebih lagi game produksi masa kini kebanyakan berukuran cukup besar setidaknya lebih dari 10 gb.

Jangan sampai ditengah jalan sobat kekurangan ruang kosong untuk menyimpan game.Hal ini akan menjadi masalah yang cukup fatal,mengingat laptop tidak seperti komputer yang dapat menambah jumlah harddisk.

Anda tidak akan susah mencari laptop yang memiliki kapasitas besar karena saat ini sudah cukup banyak produk yang menawarkan laptop gaming dengan kapasitas besar.Setidaknya 750 GB sampai 2 TB sudah cukup untuk menyimpan game masa kini.

Sobat juga perlu memperhatikan merk harddisk yang dipakai oleh produk laptop tersebut.Teman-teman harus tahu apakah merk harddisk tersebut berkualitas.Saran saya gunakan merk harddisk terbaik didunia diantaranya buffalo inc,lg,adata,dan wd(western digital company).Kebanyakan laptop di indonesia menggunakan merk wd.

Jika memang sudah terlalu banyak game yang disimpan dan kapasitas sudah menipis,ada solusi cerdik yang dapat dilakukan yaitu teman-teman bisa membeli harddisk eksternal.Setidaknya ini solusi terbaik yang dapat dilakukan jika Anda tidak ingin kehilangan game.

Pilih Laptop Dengan Mode Dual Channel Ram

Hal ini perlu menjadi pertimbangan dalam memilih laptop gaming berkualitas.Diatas saya sudah menjelaskan kalau tidak semua komponen laptop dapat diupgrade umumnya pada bagian ram saja.Atas dasar tersebut-lah penggunaan Dual channel ram ini perlu Anda perhatikan.

(Ternyata upgrade processor laptop juga bisa,baca 11 cara upgrade processor laptop intel).

Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu ram?Ram atau Random Accses Memory adalah salah satu jenis memori semikonduktor yang bersifat volatile artinya datanya akan hilang jika tidak ada daya yang masuk dalam hal ini berarti laptop/pc dalam keadaan mati.

Ram juga bersifat random alias acak,artinya memori ini tidak mengenal metode pengalamatan dalam memproses data,karena bersifat acak maka kecepatannya relatif cepat.Ram sendiri terbagi menjadi 2 jenis yakni DRAM dan SRAM.

Fungsi ram ini sangatlah penting,ram akan membantu kinerja processor dengan menyimpan data dalam keadaan sementara kemudian akan diproses lebih lanjut untuk disimpan ke harddisk.

Dalam penggunaan bermain game kita harus dituntut untuk selalu bisa up to date.Oleh sebab itu,pemilihan dual channel ram pada laptop penting untuk dipertimbangkan.Laptop yang memiliki dual channel ram akan diuntungkan dengan upgrade pada kemudian waktu.

Memang banyak percobaan yang membuktikan kalau dual channel tidak terlalu berpengaruh menunjang kebutuhan bermain game.Tapi setidaknya jika kita menggunakan dual channel ram maka teman-teman sudah melakukan satu antisipasi bagus untuk mengatasi permasalahan yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada laptop Anda.

Selain itu,penggunaan dual channel ram juga memiliki keuntungan mendapatkan bandwitch yang lebih besar,sehingga data yang diproses akan lebih cepat.

Perhatikan VGA yang Dipakai

Selanjutnya komponen penting lainnya adalah pada bagian vga (video graphics array) yaitu komponen yang berfungsi mengolah kemampuan grafis.Semakin baik vga yang ditanamkan pada laptop maka hasil gambar yang didapat juga akan semakin berkualitas.

Dalam hal ini ada 2 produk berkualitas yang saling bersaing memproduksi vga yakni Nvidia (biasa disebut kubu hijau) dan Amd (biasa disebut kubu merah).

Keduanya sama-sama bagus dengan membuktikan dapat memproduksi banyak seri vga yang memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri.Baik Nvidia maupun Amd mereka merupakan perusahaan besar yang sangat dipercaya produsen laptop untuk mengurusi bagian pengolah grafis ini.

Salah satu pilihan terbaik saat ini adalah laptop dengan vga Nvidia gtx 1050,seperti pada laptop ASUS ROG GL553VD-FY380.

Saran saya teman-teman bisa mencari hasil benchmark dari masing-masing vga.Dengan melihat hasil benchmark tersebut teman-teman bisa menilai dan melihat gambaran dari performa vga tersebut.

Kesimpulan

Jadi beberapa tips pintar diatas dapat menjadi pertimbangan teman-teman dalam memilih laptop gaming.Setidaknya tips tersebut dapat memberikan gambaran tentang laptop seperti apa yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dan dapat memberikan pengalaman baru dalam bermain game.

Cukup sekian artikel kali ini,terima kasih sudah membaca dan jangan lupa untuk share,subsribe,dan berkomentar.Semoga postingan ini dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

Tips Pintar Memilih Laptop Gaming Berkualitas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 komentar

7/10/2017 delete

banyak juga ya mas yang harus di perhatikan. kalo saya sih ga begitu suka game jadi speknya cukup yang sederhana saja.

Reply
avatar
7/10/2017 delete

Pengennya sih yang murah tapi berkualitas

Reply
avatar
7/12/2017 delete

ternyata sebelum beli laptop harus nyari2 dl spek yg cocok yah gan.. baru tau. bermanfaat artikelnya mas terimakasih

Reply
avatar

MOHON PERHATIKAN HAL-HAL DIBAWAH INI:
-Boleh Berkomentar Asal Santun!
-Jangan Berkomentar Dengan Kata-kata yang Tidak Sopan!
-Dilarang SPAM!
-Berkomentar Sesuai Dengan Topik!