Cara Membuat Bridge Di Router Mikrotik

Cara Membuat Bridge Di Router Mikrotik

Cara Membuat Bridge Di Router Mikrotik
Membuat Bridge
Lionphysics4n - Membuat Bridge Di Router Mikrotik!Dalam sebuah jaringan ada 2 kemungkinan perangkat dapat terkoneksi dengan internet yakni dengan menggunakan kabel atau tanpa kabel (nirkabel). Jaringan khususnya jaringan lan kita kenal dengan namanya hotspot.Saya yakin sebagian besar dari Anda setiap hari menggunakan hotspot.

Hotspot itu sendiri berasal dari sebuah sinyal yang dipancarkan oleh perangkat bernama access point atau oleh wireless router.

Biasanya dalam sebuah router mikrotik berlisensi level 4 minimal ada 1 interface wireless, Selebihnya ada 3-10 interface ethernet. Agar lebih jelas saya contohkan dengan router RB941.Disini router RB941 memiliki 4 interface ethernet dan 1 interface wlan.

Sebelumnya saya ingatkan bahwa setiap interface router pada dasarnya masing-masing harus memiliki konfigurasi ip address yang berbeda, misalnya ethernet 1 dengan ip address 192.168.13.1, ethernet 2 dengan ip address 200.200.100.1, wlan dengan ip address 172.22.0.1, dst.

Tapi,agar lebih simpel saya ingin agar interface wlan tersebut dikonfigurasi satu network dengan salah satu interface ethernet, apakah bisa?Jadi, dalam router mikrotik dikenal fitur bridge. Dimana fitur ini dapat memberikan ip address untuk 2 atau lebih interface sehingga memberikan keuntungan dalam mengelola jaringan.

Sebelum melanjutkan membaca saya sarankan teman-teman untuk membaca artikel 10 menit mahir konfigurasi mikrotik terlebih dahulu.Apabila belum membaca artikel tersebut silahkan pahami konsepnya di artikel tersebut, apabila sudah paham silahkan dilanjut mengikuti tutorial ini.

Sekarang saya akan jelaskan bagaimana cara membuat bridge pada router mikrotik.

Membuat Interface Bridge

Langkah pertama adalah Anda harus membuat interface bridge terlebih dahulu. Secara default interface bridge tidak tercantum dalam menu interface. Sehingga biasanya tidak muncul/terlihat pada menu interface.
  1. Masuk ke menu Bridge
  2. Tambahkan interface dengan mengklik tombol "+"
  3. Nanti akan muncul tab new bridge, kemudian isi sesuai kebutuhan
    Cara Membuat Bridge Di Router Mikrotik
    Membuat Bridge
  4. Klik apply > ok
  5. Sekarang interface sudah berhasil dibuat.
Langkah selanjutnya adalah memasukan atau mengelompokan interface ether 3 dan wlan ke bridge. Ingat disini ether 3 dan wlan yang akan saya kelompokan hanya contoh. Bisa saja Anda mengelompokan interface lain misal ether 2 dan ether 4.

Menambahkan Interface ke Bridge

  1. Geser ke sub menu ports (Ingat ini masih ada di menu bridge)
  2. Klik tombol add "+"
  3. Pertama saya akan menambahkan interface ether 3 terlebih dahulu, sehingga pada bagian interface saya pilih ether 3.
    Menambahkan Interface
  4. Klik apply > ok
  5. Klik tombol add "+" lagi, sekarang saya akan menambahkan interface wlan. Caranya sama seperti no 3, tinggal diganti pada bagian interfacenya dipilih wlan
  6.  Klik apply > ok
Sampai langkah ini maka interface bridge sudah terisi oleh 2 interface. Sekarang cek pada menu interface dan pastikan sudah ada tampilan interface bridge dengan status "R" yang berarti "Running".
Cara Membuat Bridge Di Router Mikrotik
Cek Pada Menu Interface

Menambahkan IP Address

Langkah terakhir adalah menambahkan ip address. Pada langkah ini hanya interface bridge saja yang ditambahkan ip address-nya, itu sudah mewakili kedua interface lainnya. Jadi, walaupun hanya interface bridge yang ditambahkan ip address tapi interface ether 3 dan wlan juga sudah memiliki address yang sama.
  1. Masuk ke menu ip > address 
  2. Kemudian add atau tambahkan ip address dengan klik "+"
  3. Isi tab dengan data yang sesuai, misalnya seperti gambar dibawah. Pastikan interface yang dipilih adalah bridge.
    Cara Membuat Bridge Di Router Mikrotik
    Menambahkan IP Address
Sampai tahap ini bridge sudah berjalan, selanjutnya Anda bisa melakukan konfigurasi lainnya misalnya DHCP Server atau DHCP Client.

Terima kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat untuk Anda terutama yang sedang belajar jaringan komputer.

Artikel Terkait

Cara Membuat Bridge Di Router Mikrotik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

MOHON PERHATIKAN HAL-HAL DIBAWAH INI:
-Boleh Berkomentar Asal Santun!
-Jangan Berkomentar Dengan Kata-kata yang Tidak Sopan!
-Dilarang SPAM!
-Berkomentar Sesuai Dengan Topik!