#BukaInspirasi Berjualan Online Memberikan Peluang Sukses Lebih Besar

#BukaInspirasi Berjualan Online Memberikan Peluang Sukses Lebih Besar

#BukaInspirasi Berjualan Online Memberikan Peluang Sukses Lebih Besar
Bisnis Online
Lionphysics4n - Berjualan Online Memberikan Peluang Sukses Lebih Besar!Hari ini admin menulis artikel yang cukup berbeda dari biasanya. Sesuai judul penulis akan membahas topik tentang marketplace atau lebih tepatnya toko online. Apa itu marketplace? Marketplace adalah sebuah pasar elektronik/online yang melakukan kegiatan menjual dan membeli suatu barang ataupun jasa.

Di era modern ini manusia dapat terhubung secara global, internet sebagai media koneksi memberikan kemudahan dalam hidup manusia. Jika ingin berkirim pesan bukan zamannya lagi mengirim surat, sekarang sudah bisa lewat surel (surat elektronik) atau ingin bertukar kabar dengan teman bisa dengan aplikasi chat seperti WhatsAap. Tanpa disadari hal ini mengubah kebiasaan dan cara hidup manusia.

Hadirnya teknologi ini tentunya memberikan dampak positif, sebagai salah satu pengguna kita seharusnya bisa memanfaatkan internet secara bijak. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari internet. Sesuai topik artikel ini, penulis akan mengulas salah satu manfaat pemakaian internet.

Sebelum internet mewabah pernakah Anda berpikir untuk berjualan atau membeli barang secara online? Mungkin pada saat itu Anda berpikir itu adalah hal yang mustahil. Tapi sekarang coba tengok, kegiatan jual beli terjadi tidak hanya secara offline melainkan juga online. Perkembangan toko online di Indonesia menunjukkan peningkatan pesat. Hal ini merupakan pertanda perkembangan marketplace dan e-commerce melangkah ke arah yang lebih baik.

Melalui tulisan ini saya akan me-#BukaInspirasi terutama Anda para pelaku UKM di Indonesia. Berwirausaha merupakan kegiatan usaha yang sangat menjanjikan apabila dilakukan dengan tekun dan serius. Kewirausahaan atau wirausaha didefinisikan sebagai proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kewirausahaan )

Apabila kita bahas lebih dalam, dapat ditemukan fakta bahwa kegiatan wirausaha telah banyak mengalami perkembangan. Seiring berjalannya waktu muncul inovasi dan ide-ide baru. Salah satu inovasi yang berkembang adalah marketplace.

Marketplace dianggap efektif dalam kegiatan jual beli, dalam penerapannya baik penjual maupun pembeli tidak harus bertemu kasat mata, artinya proses jual beli dilakukan dengan media internet melalui website. Marketplace memberikan kebebasan dan kemudahan akses. Pembeli hanya cukup terhubung ke internet dan membuka website marketplace, Bukalapak contohnya. Hal ini memberikan keuntungan khususnya untuk pembeli yang sibuk bekerja dan tidak sempat berbelanja. 

Disisi lain hal ini membuka kesempatan kepada para pelaku UKM untuk menjual dagangan-nya secara online. Oleh karena itu, apabila Anda adalah seorang wirausahawan sekarang merupakan waktu yang tepat untuk mencoba berjualan online.

APAKAH ITU MUNGKIN?

Beruntungnya kita hidup di era digital, dengan teknologi sekarang ini semuanya dapat dikerjakan lebih mudah. Jika Anda punya niat untuk berjualan online, Anda tidak perlu menjadi orang yang ahli di bidang IT. Sebelumnya mungkin Anda berfikir berjualan online adalah hal yang sulit, tetapi faktanya tidak demikian.

Anda cukup mendaftar menjadi penjual di salah satu marketplace di Indonesia yaitu Bukalapak. Mengapa Bukalapak? Berdasarkan website TechinAsia menyebutkan bahwa BukaLapak merupakan salah satu marketplace terbaik di Indonesia. Baca informasi lengkapnya di 8 marketpace online terbaik di Indonesia.
#BukaInspirasi Berjualan Online Memberikan Peluang Sukses Lebih Besar
Cara Berjualan di Bukalapak



TUTORIAL LENGKAP MEMBUAT TOKO ONLINE DI BUKALAPAK



Berdasarkan informasi yang penulis peroleh, berjualan online ternyata memberikan peluang sukses lebih besar. Tercatat setidaknya ada 5 alasan yang menyebabkan berjualan online lebih menjanjikan, berikut ulasannya.

Berjualan Online Dapat Dijalankan Dimana Saja Kapan Saja

Inilah salah satu keuntungan yang dapat Anda rasakan apabila berjualan online. Selama Anda bisa terhubung ke internet, maka bisnis itu masih tetap berjalan. Sekarang coba tanyakan ke diri Anda sendiri, berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk bermain instagram atau youtube?

Saya yakin rata-rata masyarakat zaman sekarang dapat menghabiskan waktu 3 - 5 jam sehari untuk aktif di sosial media. Hal ini menunjukan bahwa Anda didukung oleh lingkungan sekitar untuk tetap bisa terkoneksi ke internet. Oleh karena itu, kenapa tidak mencoba hal yang lebih bermanfaat? Salah satunya adalah dengan berjualan online.

Sekarang coba bayangkan waktu 3 - 5 jam itu digunakan untuk berjualan online, dapat dipastikan bahwa toko online Anda memiliki peluang sukses yang sangat besar. Jadi intinya adalah untuk bisa berjualan online Anda harus bisa terkoneksi ke internet dan saat ini internet bukan sesuatu yang sulit dicari. Anda bisa berbisnis dimana saja dan kapan saja.

Bisa Dimulai Dengan Modal Terbatas

Anda tidak punya produk untuk dijual? Jangan khawatir, karena di Bukalapak dapat menggunakan sistem dropship. Singkatnya, dropship adalah sistem di mana Anda meminta seller atau supplier untuk mengirimkan barang ke customer. Tugas Anda hanya mengiklankan produk milik orang lain dan selebihnya biarkan pemilik barang menyelesaikan tugasnya. Menjadi dropshipper adalah salah satu cara yang direkomendasikan untuk pemilik modal minim.

Selain itu, Anda juga tidak perlu repot membuat website, itulah mengapa saya katakan Anda tidak perlu menjadi orang yang ahli di bidang IT untuk memulai bisnis online. Anda bisa mendaftar di marketplace seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Cakupan Bisnis Yang Luas

Anda takut gagal berbisnis online? Hmm, sepertinya anggap itu harus Anda buang jauh - jauh. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa saat ini pengguna internet telah mencapai jumlah jutaan bahkan milyaran, itu artinya masyarakat di seluruh dunia dapat terhubung dengan internet.  Produk yang Anda jual mempunyai peluang dilihat dan dibeli di banyak kota di Indonesia.

Selain itu, Anda juga tidak perlu modal/uang untuk memperluas bisnis Anda karena jutaan pembeli telah siap datang ke Bukalapak, secara tidak langsung ini memberikan kesempatan dan peluang produk Anda dibeli oleh banyak orang. Tentu sangat berbeda jika berjualan offline, dimana bisnis Anda bisa saja hanya terpaku di satu kota.

Walaupun begitu, tetap Anda juga harus tahu strategi pemasaran yang bagus untuk menarik peminat pembeli. Percuma saja jutaan orang memakai internet tetapi tidak ada satupun yang membeli produk Anda. Sukses atau tidaknya bisnis online tergantung dari ketekunan yang Anda miliki serta penerapan strategi pemasaran yang baik. Baca artikel "Strategi Pemasaran Bisnis Online Ini Wajib Ditiru" untuk mengetahui strategi pemasaran online secara detail.

Proses Pembuatan Yang Mudah

Apakah Anda sudah mempraktekan tutorial cara membuat toko online di bukalapak diatas? Bagaimana mudah bukan? Terhitung Anda hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk membuat toko online. Ini tentunya sangat singkat dibandingkan saat memulai berjualan offline. Berjualan online  tidak perlu menyewa ruko, Anda hanya perlu daftar di marketplace ternama dan memulai berjualan.

Siapapun Bisa Berjualan Online

Anda tidak punya keahlian khusus dan masih ragu untuk berjualan online? Tenang diluar sana banyak orang yang sudah membuktikan kalau berjualan online itu bisa dilakukan oleh siapa saja. Sekalipun Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang gaptek, itu bukan menjadi masalah.
#BukaInspirasi Berjualan Online Memberikan Peluang Sukses Lebih Besar
Kisah Sukses BukaLapak
#BukaInspirasi Berjualan Online Memberikan Peluang Sukses Lebih Besar
Kisah Sukses BukaLapak
Lihatlah mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, sampai pebisnis sudah membuktikan kesuksesan berjualan online di Bukalapak. Sekarang adalah giliran Anda untuk memulai bisnis online, percayalah dan tetap optimis dengan bisnis Anda, jangan takut gagal dan terus semangat.
Itulah artikel #BukaInspirasi dari saya, jika Anda ingin berbelanja dengan harga yang murah dan produk yang berkualitas Anda bisa berbelanja di Bukalapak. Saat ini ada juga masih ada promo dan diskon Hari Kemerdekaan, cek produknya di https://www.bukalapak.com/hari-kemerdekaan-indonesia

Sekian artikel saya, terima kasih telah membaca dan sampai jumpa.

Artikel Terkait

#BukaInspirasi Berjualan Online Memberikan Peluang Sukses Lebih Besar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

14 komentar

9/23/2018 delete

Saya juga pakai bukalapak, udah ada 2 tahunan malah. Jadi saya punya alat unik buat bikin layangan hasil kreasi saya sendiri, dan saya jualin di bukalapak. Hasilnya lumayan laku. Apalagi karena ada fitur pushnya, bikin jualan jadi makin lancar. Rekomende banget pokonya bukalapak

Reply
avatar
9/23/2018 delete

Bener bang, jualan online itu untungnya gede. Selama kita bisa tahu strateginya pasti bisnis berjalan mulus.

Reply
avatar
9/24/2018 delete

Masih meraba2 mw jualan apa, pengen punya bisnis onlen

Reply
avatar
9/25/2018 delete

Siap dipantau aja dulu...

Reply
avatar
9/27/2018 delete

Pengen jualan online, tapi bingung mau jualan apa

Reply
avatar
9/27/2018 delete

sekarang itu ya jualan cukup ada kemauan saja dan keberanian. masalah yang dijualnya bisa berbagai cara syah dijalankan. memang kemajuan teknologi membuat kita makin banyak cara tapi di sisi lain membuat kita juga males. :D

Reply
avatar
9/27/2018 delete

yang paling di suaki apa mas. itu aja dulu supaya enak promosikannya kalo suka itu

Reply
avatar
9/27/2018 delete

Bener mang, yang penting berani berinvestasi.

Reply
avatar
9/27/2018 delete

Mulai dari hal kecil dulu aja, jual pulsa bisa.

Reply
avatar
10/06/2018 delete

Nah ini baru pejuang sejati, manfaatkan kemudahan networking sedini mungkin selagi kesempatan dan peluang masih terbuka lebar, waktu akan berjalan diiringi oleh membludaknya populasi yang berarti: persaingan semakin ketat, namun juga membuka peluang pasar menjadi semakin luas, riuh dan ramai....semangat!

Reply
avatar
10/20/2018 delete

Harus siap dengan industri 4.0

Reply
avatar
1/31/2019 delete

sampai sekarang merasakan hasil oenjualan online...
tapi perjuangannya awalnya juga gak mudah min. sabar, selalu belajar, pantang menyerah, amanah, dan bertanggungjawab. itu modal utama. makasih min infonya
salam sahabat blogger

Reply
avatar

MOHON PERHATIKAN HAL-HAL DIBAWAH INI:
-Boleh Berkomentar Asal Santun!
-Jangan Berkomentar Dengan Kata-kata yang Tidak Sopan!
-Dilarang SPAM!
-Berkomentar Sesuai Dengan Topik!