MARI MELAWAN MALAS DAN MENJALANI HIDUP DI ERA DIGITAL DENGAN SEMANGAT SUMPAH PEMUDA

SEMANGAT SUMPAH PEMUDA DI ERA DIGITAL
MARI MELAWAN MALAS DAN MENJALANI HIDUP DI ERA DIGITAL DENGAN SEMANGAT SUMPAH PEMUDA
GAMBARAN SUMPAH PEMUDA DI ERA DIGITAL

Lionphysics4n - SEMANGAT SUMPAH PEMUDA DI ERA DIGITAL!Kembali lagi bersama saya pastinya dengan Admin blog ini yang sangat tamvan.Pada kesempatan ini saya akan mengajak Anda untuk melawan kebiasaan malas dan menjalani hidup dengan semangat sumpah pemuda.Seperti yang kita ketahui,saat ini merupakan era digital yang segala aktifitasnya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Pada era digital ini kita dapat memperoleh informasi dengan sangat cepat dari berbagai media,seperti internet.Berbagai informasi dari berbagai daerah di Indonesia maupun Internasional dapat kita akses dengan cepat dan akurat tanpa harus capek keluar rumah.

Tidak hanya informasi saja yang dapat kita akses,berbagai macam hiburan juga bisa kita nikmati dengan hadirnya internet.Memang sangat banyak hal positif yang dapat kita ambil dengan adanya internet namun kita juga harus bisa bersikap dewasa dalam menanggapi hal ini.

Karena hadirnya internet didalam kehidupan sehari-hari dapat juga menimbulkan hal-hal negatif,seperti contohnya adalah munculnya sikap malas pada diri sendiri.Sikap malas ini dapat saja muncul dalam diri seseorang sebagai akibat dari penggunaan internet yang berlebihan.Misalnya saja ketika seorang pelajar yang sudah ketagihan menggunakan internet untuk bermain game online,pasti dalam diri anak tersebut akan muncul sifat malas karena sudah terkena efek negatif dari internet.

Pelajar yang sudah ketagihan bermain game online biasanya pelajar tersebut malas bahkan tidak mau belajar dan memiliki prestasi yang buruk di sekolah.Ini merupakan hal yang tidak aneh lagi bukan?Di era digital ini kita sangat sering melihat pelajar-pelajar yang nongkrong di warnet dari pagi sampai laraut malam.Hal tersebut merupakan perilaku pelajar yang tidak patut untuk dicontoh dan itu merupakan cerminan dari dampak negatif dengan hadirnya internet.

Hadirnya internet didalam kehidupan sehari-hari memang bisa saja menimbulkan dampak negatif tetapi jika kita dapat menjalani hidup dengan semangat sumpah pemuda pasti dampak negatif dari internet dapat dihindari.Semangat sumpah pemuda harus benar-benar ditanamkan dalam diri seseorang karena dengan semangat sumpah pemuda ini kita dapat menjalani hidup dengan jiwa nasionalisme.
MARI MELAWAN MALAS DAN MENJALANI HIDUP DI ERA DIGITAL DENGAN SEMANGAT SUMPAH PEMUDA
SEMANGAT 45
Seperti halnya para pemuda pada saat masa penjajahan dulu,mereka menjalani hidup dengan jiwa nasionalisme yang sangat tinggi.Tanpa kenal rasa takut dan malas para pemuda Indonesia berusaha mengusir penjajah dari tanah air.
MARI MELAWAN MALAS DAN MENJALANI HIDUP DI ERA DIGITAL DENGAN SEMANGAT SUMPAH PEMUDA
KONGRES SUMPAH PEMUDA
Semangat para pemuda Indonesia tanpa kenal rasa malas itu akhirnya membuahkan hasil berupa kemerdekaan,dimana kemerdekaan tersebut hingga sampai saat ini dapat kita rasakan.Jiwa nasionalisme dengan semangat untuk menggapai kemerdekaan itu harusnya dapat kita terapkan/contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Namun nyatanya di era digital ini semangat sumpah pemuda dan jiwa nasionalisme sangat jarang kita temui.Di era digital ini para pemuda malah lebih condong ke pergaulan bebas yang memunculkan perilaku negatif.

Munculnya internet didalam kehidupan masyarakat Indonesia ternyata dapat memberikan dampak negatif bagi kebiasaan dan perilaku para remaja di Indonesia.Contohnya saja adalah kebiasaan dalam berpakaian.Gaya berpakaian remaja di Indonesia dapat dikatakan sudah tidak sesuai dengan jiwa sumpah pemuda dan jiwa nasionalisme bangsa.

Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai macam budaya dari negeri barat dapat mudah masuk ke Indonesia melalui perkembangan internet.Budaya berpakaian bangsa barat tentunya sangat tidak pantas dengan jiwa sumpah pemuda namun budaya berpakaian yang salah itu justru malah lebih disukai oleh para remaja di Indonesia.

Selain itu ada juga perilaku remaja masa kini yang tidak mencerminkan jiwa nasionalisme dan semangat sumpah pemuda yaitu budaya tawuran antar pelajar.Ini bukanlah suatu yang baru lagi di dunia pendidikan Indonesia,tawuran antar pelajar sudah sangat marak terjadi di Indonesia.Tawuran antar pelajar ini kadang terjadi hanya karena masalah sepele.

Ini merupakan keadaan yang sangat memprihatinkan karena jika budaya barat tetap mempengaruhi kebiasaan hidup pemuda di Indonesia bukan hal yang tidak mungkin jika 3-5 tahun kedepan semangat sumpah pemuda dan jiwa nasionalisme sudah tidak dimiliki lagi oleh para pemuda-pemudi di Indonesia.

Seharusnya dengan semakin majunya perkembangan teknologi dan internet kita harus bisa mengambil dampak positifnya dan harus bisa menjauhi dampak negatifnya.Kita tidak dapat menyalahkan internet sebagai penyebab rusaknya kepribadian pemuda di Indonesia karena internet bukanlah masalahnya tetapi masalahnya adalah kesadaran dari pengguna internet itu sendiri.
  
Jadi,sebagai pemuda dan pemudi yang memiliki jiwa sumpah pemuda dan jiwa nasionalisme yang tinggi seharusnya kita dapat memanfaatkan keberadaan internet untuk kegiatan positif.Sebenarnya sangat banyak hal yang dapat dilakukan dengan keradaan internet bahkan dapat menghasilkan uang.Salah satunya adalah dengan membangun blog.

Apakah Anda tahu apa itu Blog?Blog adalah suatu media online yang memuat tulisan-tulisan,dimana tulisan itu dapat berupa catatan pribadi,informasi,tutorial,dan masih banyak lagi.Seseorang yang membangun suatu blog disebut dengan blogger.

Seorang blogger dapat memanfaatkan internet untuk mengekspresikan wujud semangat sumpah pemuda contohnya,seperti membagikan pengetahuan kepada pengguna internet.Bahkan dengan membagikan ilmu-ilmu yang bermanfaat kepada orang lain,seorang blogger dapat menghasilkan uang sampai puluhan juta rupiah.

APAKAH HANYA BLOGGER SAJA?

Tentu saja tidak!Selain sebagai blogger,sebenarnya masih banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan di era digital sebagai wujud semangat sumpah pemuda seperti contohnya:
  • Membuat video yang berkaitan dengan Sumpah Pemuda kemudian diunggang di sosial media.
Selain dengan membuat artikel,di era digital ini kita juga dapat membuat sebuah video tentang sumpah pemuda.Ini bukanlah suatu hal yang baru lagi di Indonesia karena buktinya di sosial media youtube sudah banyak pemuda-pemudi yang membuat video tentang semangat sumpah pemuda. 

Itu merupakan dua contoh sederhana penggunaan internet untuk kegiatan positif dan untuk menunjukkan semangat sumpah pemuda.Mulai detik ini saya mengharapkan Anda dapat memaksimalkan internet dalam keseharian Anda.Untuk memaknai hari sumpah pemuda Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan sederhana yaitu diantaranya:
  1. Menghargai antar suku dan umat beragama.
  2. Menggunakan bahasa Indonesia dalam komunikasi sehari-hari.
  3. Mengutamakan kepentingan bangsa.(Ikut dalam pemilu)
  4. Selalu bergotong-royong dan bekerja sama dalam melakukan suatu usaha/perkerjaan.
Keempat perilaku diatas dapat mudah dilakukan sebagai pengamalan hari sumpah pemuda.Semangat sumpah pemuda haruslah kita jaga karena sejatinya didalam isi sumpah pemuda terdapat tujuan dan cita-cita yang hendak dituju.
MARI MELAWAN MALAS DAN MENJALANI HIDUP DI ERA DIGITAL DENGAN SEMANGAT SUMPAH PEMUDA
TEKS SUMPAH PEMUDA
Di era digital ini tujuan dan cita-cita pemuda terdahulu haruslah kita maknai sebagai suatu penghormatan bagi para pemuda yang sudah berjuang untuk bangsa dan negara.Sangat banyak cara lain selain diatas yang dapat dilakukan untuk menghormati perjuangan pemuda.

Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini,kesimpulan yang dapat kita ambil kali ini adalah semangat sumpah pemuda haruslah tetap kita jaga karena itu merupakan suatu wujud bela negara.Di era digital ini kita harus bisa mengambil hal positif dari internet dan menjauhi hal yang negatif.Terima kasih telah membaca artikel ini yang saya ikutkan kedalam:

Event Dies Natalis ST3 Telkom Blog Contest 2015
www.st3telkom.ac.id
AYO IKUTAN

Artikel Terkait

MARI MELAWAN MALAS DAN MENJALANI HIDUP DI ERA DIGITAL DENGAN SEMANGAT SUMPAH PEMUDA
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

8 komentar

12/15/2015 delete

keren banget nih kalo konsekuensi nya kek gini ya mas...

Reply
avatar
12/16/2015 delete

internet memang meliki dampak positif dan negatif ya mas.

mari pemuda harapan bangsa meningkatkan segi positif dalam berbagai bidang

Reply
avatar
12/16/2015 delete

Apalah artinya tekhnologi yang semakin canggih bila tingkah laku kita malah menjadi buryuk ya mas.

Reply
avatar
12/16/2015 delete

Begitulah mas,kita harus dewasa dalam menggunakan internet.

Reply
avatar
12/16/2015 delete

Betul mas harus bisa diambil yang positif.

Reply
avatar
12/16/2015 delete

Seharusnya kita bisa menyesuaikan perkembangan teknologi agar bisa mendapatkan manfaat yang positif.

Reply
avatar
1/05/2016 delete

Semakin kesini memang semakin maju, namun kemajuan itu yang membuat kita semakin malas,,,

lihat saja dulu saya bela-belain ke perpustakaan untuk mencari data-data kuliah,, sekarang sudah beda jaman,, hanya dengan internet kita dapat menemukan semuanya..

Reply
avatar
1/06/2016 delete

Bener mas,sekarang semunya sudah serba mudah dan cepat.Hadirnya internet harus dimanfaatkan untuk kegiatan positif.

Reply
avatar

MOHON PERHATIKAN HAL-HAL DIBAWAH INI:
-Boleh Berkomentar Asal Santun!
-Jangan Berkomentar Dengan Kata-kata yang Tidak Sopan!
-Dilarang SPAM!
-Berkomentar Sesuai Dengan Topik!