Menjadi Guru Untuk Anak Sendiri

Menjadi Guru Untuk Anak Sendiri

Menjadi Guru Untuk Anak Sendiri
Menjadi Guru Untuk Anak Sendiri
Lionphysics4n - Halo nama saya Unggul tahun ini saya berumur 18 tahun dan bulan April ini saya akan diwisuda dari sekolah SMK. Senang rasanya sudah menuntaskan wajib belajar 12 tahun, memang bukan waktu yang singkat untuk menjalani masa itu. Ada banyak momen indah dan buruk selama duduk di bangku sekolah tapi yang pasti kenangan itu tidak akan saya lupakan karena hanya terjadi sekali seumur hidup.

Kata orang ini bukanlah akhir, tetapi awal dari perjuangan. Mendengar kalimat itu saya menjadi teringat ketika masuk sekolah TK tahun 2007. Orang tua saya bilang "ini adalah awal kamu menuntut ilmu nak, disinilah awal perjuanganmu dimulai."

Saya menjadi berpikir jika pada tahun 2007 adalah awal maka seharusnya pada tahun 2019 ini adalah akhir karena saya sudah menyelesaikan wajib belajar 12 tahun, tapi kata orang ini adalah awal lantas siapa yang benar?

Setelah merenungkan hal itu saya akhirnya tidak terlalu peduli siapa yang benar. Saya menarik kesimpulan bahwa maksud perkataan ayah saya mungkin adalah awal dari masa sekolah dan maksud dari kata orang-orang adalah awal dari perjuangan hidup. Jadi, keduanya sama benar tidak ada yang salah.

Waktu di sekolah kita tahu bahwa guru adalah orang yang harus dihormati. Guru adalah orang yang telah mengajarkan kita banyak hal. Sangat banyak ilmu pengetahuan yang diberikan oleh guru kepada muridnya. Saya dapat berhitung dan membaca juga berkat seorang guru. Tanpa guru mungkin saya tidak dapat menulis postingan ini.

Guru tidak hanya dapat dijumpai di sekolah. Dalam lingkungan keluarga juga ada guru yang senantiasa mengajarkan banyak hal. Guru yang saya maksud disini adalah orang tua. Peran orang tua dalam mendidik anak usia dini efeknya sangat penting untuk perkembangan anak.

Agar seorang anak tumbuh menjadi orang yang pintar tentu harus ada campur tangan dari orang tua. Sejak dini sudah seharusnya anak-anak diajarkan tata krama dan sopan santun oleh orang tuanya. Walaupun saya belum pernah menjadi orang tua, tetapi saya ingat tentang beberapa hal yang pernah diajarkan kedua orang tua saya pada waktu kecil dulu. Jadi, tujuan saya menulis postingan ini adalah berbagi cerita tentang diri saya waktu kecil.
 
Menurut hasil penelitian mengungkapkan bahwa anak usia dini cenderung mudah mempelajari hal baru terutama mempelajari bahasa asing. Pada saat usia anak-anak, seseorang mempunyai waktu luang lebih banyak. Selain itu anak-anak juga memiliki motivasi belajar lebih tinggi oleh karena itu, ketika anak-anak dikenalkan dengan hal baru mereka akan cepat memahaminya. Alahkah baiknya jika pada usia tersebut anak-anak diajarkan hal positif sehingga akan terus mereka ingat hingga dewasa.

Mendidik Anak Sendiri

Menjadi Guru Untuk Anak Sendiri
Mendidik Anak Sendiri
Hakikatnya orang tua itu wajib mendidik anaknya agar menjadi orang yang berguna, tetapi pada era digital seperti sekarang ini kadang orang tua suka lalai dalam mengawasi buah hatinya. Akhirnya anak-anak tanpa sengaja dapat mengetahui hal-hal negatif. Tentu itu akan mempengaruhi untuk perkembangan seorang anak.

Orang tua harus bisa memberikan pendidikan yang baik kepada anaknya. Sebagai contoh pada saat umur sekitar 4 tahun saya pernah diajarkan suatu tata krama oleh orang tua saya. Jadi, orang tua saya mengajarkan apabila akan bersalaman dengan orang lain maka harus menggunakan tangan kanan, memberikan barang ke orang lain atau menerima barang dari orang lain maka harus menggunakan tangan kanan dan masih banyak hal yang diajarkan orang tua saya pada saat itu.

Peran orang tua dan keluarga dalam mendidik anak akan berdampak sangat besar. Orang tua harus bisa mengenalkan banyak pelajaran untuk anak. Tidak usah bingung mulai dari mana, mulailah dari hal kecil. Mulailah dari mengajarkan anak-anak sopan santun, berbicara yang baik dan lain-lain.

Dengan bimbingan dari orang tua cepat atau lambat akan terlihat potensi dari diri sang anak. Tentu setiap orang tua harus mampu melakukannya karena potensi dalam diri seorang anak harus didukung. Tanpa bimbingan orang tua makan akan sulit seorang anak untuk mengetahui potensi di dalam dirinya. Selain itu, dengan bimbingan orang tua maka seorang anak juga akan lebih percaya diri

Apabila anak Anda sudah dibimbing dan diajarkan tentang sopan santun dan tata krama maka kedepannya anak Anda lebih siap untuk masuk ke sekolah formal.

Berbicara tentang sekolah formal saya ada rekomendasi sekolah PAUD yang bagus yaitu Apple Tree Pre-School BSD.

Apple Tree Pre-School BSD

Menjadi Guru Untuk Anak Sendiri
Apple Tree Pre School BSD

Berdiri pada tahun 2000, sekolah ini merupakan sekolah yang sudah terbukti mengajarkan siswanya untuk menjadi orang yang percaya diri dan mandiri. Apple Tree Pre School BSD merupakan sekolah yang berkomitmen dan berfokus pada pelajar muda dan yakin dapat membuat perubahan positif dalam kehidupan setiap peserta didik.

Untuk info lebih lanjut bisa lihat di Apple Tree Pre-School BSD.

#appletreebsd

Artikel Terkait

Menjadi Guru Untuk Anak Sendiri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

5/25/2019 delete

jadi inget anakmu akan besar pada zaman yg berbeda dgnmu.

Reply
avatar
6/27/2019 delete

kadang ada oran tua yg bilang semua sekolah sama saja, tapi menurut saya beberapa sekloah ada yg lebih baik dari sekolah lainnya.

Reply
avatar

MOHON PERHATIKAN HAL-HAL DIBAWAH INI:
-Boleh Berkomentar Asal Santun!
-Jangan Berkomentar Dengan Kata-kata yang Tidak Sopan!
-Dilarang SPAM!
-Berkomentar Sesuai Dengan Topik!