Cara Bermain Catur | Permainan Catur

Cara Bermain Catur | Permainan Catur 

Cara Bermain Catur | Permainan Catur
Cara Bermain Catur

Lionphysics4n - Cara Bermain Catur!Permainan catur merupakan hiburan yang sangat merakyat. Setiap ada pertandingan catur pasti akan ada kerumunan orang untuk melihat permainan. Ada yang hanya menonton karena tidak paham ada pula orang yang sok pintar. Terlepas dari itu semua dalam permainan catur pasti selalu ada drama menarik yang terjadi.

Menurut berbagai sumber, asal mula catur berasal dari negara India dan mulai ada pada abad ke-6.

Sekarang permainan catur telah menjadi permainan populer, bahkan saat ini sudah ada turnamen catur internasional. Dari turnamen tersebut terlahir nama-nama pemain catur hebat seperti Mikhail Tal dan Bobby Fischer.

Baca Juga : Game Bus Simulator Keren Android

Apabila Anda tertarik untuk belajar bermain catur maka silahkan baca artikel ini sampai akhir karena saya akan menjelaskan cara bermain catur, tenang saja permainan catur tidak sesulit yang terlihat jadi Anda tidak perlu malu untuk belajar dan tidak ada kata terlambat untuk belajar, berikut penjelasannya.

Cara Bermain Catur

1.Papan Catur

Cara Bermain Catur | Permainan Catur
Papan Catur
Papan catur terdiri dari 64 kotak (8 baris dan 8 kolom) disusun dengan 2 warna yaitu hitam dan putih. Pada beberapa papan catur memiliki informasi kolom dan baris, untuk lebih jelasnya lihat pada gambar diatas. Terlihat bahwa ada tulisan dan angka di luar kotak, itu merupakan informasi kolom dan baris.

2.Bidak Catur

Cara Bermain Catur | Permainan Catur
Bidak Catur
Dalam permainan catur ada 7 jenis bidak diantaranya adalah pion, benteng, kuda, gajah, ratu, dan raja. Jumlah bidak pion ada 8 buah, benteng 2 buah, kuda 2 buah, gajah 2 buah, ratu dan raja 1 buah.

Setiap bidak tersebut memiliki langkah bergerak yang berbeda.

Pion
Cara Bermain Catur | Permainan Catur
Pergerakan Pion
Bidak pion bisa bergerak satu langkah kedepan dan satu langkah diagonal apabila ada lawan dari arah diagonal maka pion bisa bergerak dan memakannya.Pion menjadi sangat berbahaya jika posisi atau pergerakannya mencapai ujung papan, maka pion tersebut dapat diubah menjadi bidak lain. 

Benteng
Cara Bermain Catur | Permainan Catur
Pergerakan Benteng
Saat mendengar namanya Anda pasti berpikir bidak ini sangat penting.Ya memang benar, benteng merupakan salah satu bidak berbahaya yang menjadi kunci kemenangan dalam permainan catur. Bidak ini biasanya menjadi sasaran utama musuh selain ratu dan raja.

Pergerakan benteng adalah ke arah vertikal dan horizontal (depan,belakang,samping). Langkah pergerakan benteng tidak terbatas salama tidak ada bidak lain yang menghadang.

Kuda  
Cara Bermain Catur | Permainan Catur
Pergerakan Kuda
Pergerakan bidak kuda memiliki keunikan daripada bidak lain. Kuda dapat bergerak dengan aturan membentuk huruf "L" dan kuda bisa meloncat bidak lainnya.

Gajah
Cara Bermain Catur | Permainan Catur
Pergerakan Gajah
Bidak gajah bergerak kearah diagonal dengan langkah tanpa batas selama tidak ada bidak lain menghadang (mirip seperti bidak benteng). Perlu diingat jumlah gajah ada 2 buah, satu gajah ada di kotak warna putih dan satu gajah lainnya berada di kotak warna hitam, kedua bidak tersebut harus bergerak di warna yang didudukinya.

Ratu
Cara Bermain Catur | Permainan Catur
Ratu
Bidak ini merupakan bidak yang memiliki pergerakan paling leluasa dibanding bidak lainnya. Ratu dapat dibilang sebagai campuran antara benteng dan gajah. Jadi, ratu dapat bergerak vertikal, horizontal dan diagonal singkatnya ratu dapat bergerak ke semua arah.

Raja
Cara Bermain Catur | Permainan Catur
Pergerakan Raja
Pergerakan raja juga bisa kesegala arah tetapi raja hanya bisa bergerak satu langkah.

Permainan Catur

Cara Bermain Catur | Permainan Catur
Permainan Catur
Sekarang mari lihat posisi dari masing-masing bidak tersebut. Gambar diatas memperlihatkan posisi awal permainan. Posisi pion berada di depan bidak lain selanjutnya untuk benteng posisinya berada di ujung (a1 dan h1), posisi kuda ada di samping benteng (b1 dan g1), selanjutnya gajah posisinya disamping kuda (c1 dan f1).

Kemudian ratu posisinya pasti berada di kotak yang memiliki warna sama dengan warnanya artinya jika ratu putih maka posisi ratu berada di kotak putih, begitu juga sebaliknya. Terakhir posisi raja berada di kotak yang memiliki warna berbeda dengan warnanya, jika raja putih maka posisi raja ada di kotak hitam.

Tujuan Permainan Catur

Kebanyakan orang awam biasanya tidak tahu apa tujuan permainan catur. Simpel saja, dalam permainan catur, bidak kita harus menjaga raja agar tidak diserang dan disaat bersamaan bidak kita juga harus menyerang raja lawan.

Permainan akan berakhir sampai salah satu raja tidak dapat bergerak. Dalam permainan catur keadaan seperti ini disebut dengan "Checkmate."

Supaya lebih mudah dipahami akan saya tunjukkan gambar yang memperlihatkan keadaan checkmate, berikut gambarnya.
Cara Bermain Catur | Permainan Catur
Checkmate
Coba perhatikan kira-kira kemana raja akan pergi? Perhatikan baik-baik jika raja bergerak ke kanan maka ada kuda yang siap memakannya begitu juga ke kiri ada gajah. Tidak mungkin raja bergerak ke arah diagonal karena ada bidak lain yang menghalangi. Jadi dalam keadaan seperti ini raja sudah mati atau checkmate.

Apabila Anda ingin menjadi pemain catur hebat silahkan baca 21 Strategi Bermain Catur agar Menang Bagi Pemula

Dalam permainan catur kita harus pintar mengatur strategi baik dalam bertahan maupun menyerang. Kita juga harus bisa membaca pergerakan bidak lawan.

Begitulah cara bermain catur, kunci untuk hebat dalam bermain catur adalah dengan terus bermain sehingga akan terbiasa dan tahu strategi pertahanan dan penyerangan yang baik.

Artikel Terkait

Cara Bermain Catur | Permainan Catur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

MOHON PERHATIKAN HAL-HAL DIBAWAH INI:
-Boleh Berkomentar Asal Santun!
-Jangan Berkomentar Dengan Kata-kata yang Tidak Sopan!
-Dilarang SPAM!
-Berkomentar Sesuai Dengan Topik!